Kamis, 26 Juli 2018

7 HAL YANG WAJIB ANDA LAKUKAN SEBELUM PUBLIK SPEAKING


Setelah beberapa minggu yang lalu saya membuat tulisan tentang 4 hal yang haram di lakukan sebelum memulai Publik Speaking (Baca di sini). Sekarang kebalikannya, ada 7 hal yang wajib Anda lakukan sebelum memulai berbicara di depan banyak orang. Tulisan ini saya buat sekaligus untuk menjawab pertanyaan dari salah satu teman di instagram yang bertanya ketika saya lagi open Q n A menggunakan fitur terbaru dari instagram kemaren, Fitur “tanyakan sesutu kepada saya” . Kira-kira pertanyaan begini :


Sumber : dok. pribadi. Tulisan yang di tutup dalam foto tersebut sudah di tulis ulang di postingan ini
Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak 7 hal berikut :

1. Kenali dan Kuasi Betul Materi yang Akan  di Sampaikan

Hal ini adalah bagian terpenting dan utama sebelum Anda memulai publik speaking. Karena ini adalah proses persiapan dan belajar.

Baca Juga : Artikel Psikologi lainnya (KLIK DI SINI)

Namun Anda tidak perlu menghapal secara detail sama persis kata-katanya dengan apa yang Anda persiapakn. Yang wajib di lakukan adalah pelajarilah materi Anda dari segala sisi dan sudut pandang Anda, semakin Anda ahli dalam materi yang Anda sampaikan, maka akan semakin percaya diri Anda ketika menyampaikan materi. Bahkan materi yang Anda bicarakan nanti akan keluar dari mulut Anda dengan sendirinya. Prinsipnya, semakin banyak di isi, semakin banyak yang keluar. Kalau yang di isi sedikt, yang keluar juga sedikit dong ^_^  

2. Perbanyak Latihan di Rumah

Setelah materi Anda kuasai, jangan lupa untuk berlatih. Berlatihlah sebanyak dan sesering mungkin. Pertama-tama berlatihlah di tempat yang sepi atau sunyi agar anda terbiasa dengan pola pembicaraan Anda. Jika Anda sudah merasa yakin dan jika memungkinkan, Anda bisa berlatih di hadapan beberapa teman Anda, untuk membiasakan diri Anda di lihat banyak orang.


Sumber : deskgram.com
Jika Anda pernah mendengar pepatah “practice make perfect”. Nah pepatah tersebut benar adanya. Jadi, setelah materi Anda kuasi, Anda perlu latihan dulu, latihan lagi, latihan terus.

3. Perhatikan Kostum

Pastikan ketika tampil, Anda menggunakan kostum terbaik menurut Anda, karena hal ini juga akan menambah kepercayaan diri Anda. Kemudian juga perhatikan kesesuaian kostum Anda dengan tema acara.


Sumber : fr.memegenerator.net
Selain itu, yang juga perlu di perhatikan adalah kostum Anda adalah kostum yang baru atau yang sudah pernah Anda pakai sebelumnya? Maksud dari kostum adalah keseluruhan barang-barang yang Anda pakai ketika tampil. Mulai dari atas ujung kepala sampai bawah ujung kaki. Jika kostum Anda baru. Saran saya, H-2 atau H-3 sebelum tampil Anda perlu mencobanya terlebih dahulu. Karena kostum ketika tampil berbicara di depan banyak orang sangat mempengaruhi kepercayaan diri Anda ketika tampil. Baju yang terlalu besar, sepatu yang terlalu kecil, celana yang terlalu lebar dan sebagainya akan mengganggu kepercayaan diri Anda ketika tampil.

4. Bawa Bahan Materi Anda

Setelah Anda menguasai materi, sudah banyak latihan dan kostum Anda pun juga sudah siap. Berikutnya jangan lupa untuk membawa bahan materi Anda. Ini di perlukan untuk jaga-jaga jika grogi dan panik yang luar biasa datang menghampiri Anda sampai-sampai membuat Anda blank. Sehingga yang perlu Anda lakukan adalah membuka buku catatan atau laptop Anda kembali, untuk mengingat-ingat kembali urutan materi yang ingin di sampaikan.

Baca Juga : Manfaat Belajar NLP

5. Datang Minimal 15 Menit Sebelum Acara

Ini penting karrena semakin mepet waktu datang Anda, maka akan semakin besar tekanan yang Anda rasakan, apalagi sampai Anda berkali-kali di telpon oleh panitia penyelanggara pasti panik pun akan bertambah.


Sumber : brilio.net
Datang lebih awal juga berguna bagi Anda untuk melihat-lihat panggung dan memperkirakan titik di mana Anda berdiri, melihat mood peserta, memindahkan data yang ada di flashdisk ke laptop panitia/ operator (jika Anda membutuhkan slide persentasi), berkonsultasi dengan panitia jika ada yang di tanyakan seputar kondisi peserta. Naaah banyak kan hal yang perlu Anda lakukan sebelum tampil. Masih yakin datang mepet dengan waktu tampil?

Baca Juga : Apa itu Id, Ego dan Super Ego? 

6. Lakukan Self Sugesti

Setelah Anda melihat kondisi panggung dan peserta, saran saya sebisanya carilah tempat yang sunyi terlebih dahulu, duduk di tempat tersebut. Relakskan tubuh dan pikiran Anda sejenak. Katakan “SAYA SIAP” berkali-kali, gunakan imajinasi Anda untuk membayangkan tempat dan suasana ketika Anda tampil, yakini bahwa anda benar-benar siap, hal ini berguna untuk memompa rasa percaya diri Anda. 

Ternyata Begini Cara Menghipnotis Diri Sendiri : KLIK DI SINI

7. Wajib Berdoa

Setelah Anda melakukan Self Sugesti, tutuplah dengan berdoa. Menurut pengalaman saya pribadi, berdoa adalah tips yang paling manjur. Berdoa akan membuat pikiran dan hati kita 10x lipat lebih tenang

Setelah ke 7 hal tadi benar-benar Anda lakukan. Saya jamin penampilan Anda akan sangat memukai peserta dan tepuk tangan dari seluruh peserta pun Anda dapatkan. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Dan jika Anda mempunyai pertanyaan atau ingin tanya-tanya seputar Publik Speaking. Anda dapat menghubungi saya melalu Whatsapp : 087806926746 atau melalui sosial media saya yang lainnya: KLIK DI SINI

Tidak ada komentar:
Write komentar