Rabu, 20 Juni 2018

4 Hal yang Harus di hindari Sebelum Memulai Publik Speaking

Untuk menjadi publik speaker yang handal dan profesional, tentu tidaklah mudah. Banyak hal yang harus di persiapkan. Mulai dari isi materi yang bagus, cara membawakan yang menarik sampai tata letak kursi audiens yang tepat.

Sumber : maxmanroe.com
Bahkan sebelum kita naik ke atas panggung untuk berbicara di hadapan banyak orang, ada beberapa hal yang harus kita hindari agar Publik Speaking yang kita bawakan dapat di tampilkan secara maksimal. Simak 4 hal berikut berikut :

1. Takut tidak bisa/ tidak mampu tampil sempurna

Ini adalah mindset yang dapat menjerumuskan kita kepada kegagalan ketika Publik Speaking. Kebanyakan dari kita selalu menuntut kesempurnaan. Kesempurnaan adalah sebuah kata yang sulit untuk di jelaskan bagaimana indikasinya. Sempurna menurut orang yang satu dengan orang yang lain bisa jadi berbeda. Anda tampil sempurna ketika Publik Speaking ketika penampilan Anda seperti apa? Tidakkah Anda kesulitan menjelaskannya?


Kata sempurna seolah-olah menuntut Anda untuk selalu sukses tanpa kegagalan, sementara kita tahu persis bahwa di balik setiap kesuksesan, pasti ada kegagalan. Di balik seorang profesional, pasti di awali dari pemula. Sempurna seolah-olah menuntut kita untuk selalu tampil tanpa kesalahan sedikit pun. Padahal jika kita ingat-ingat lagi, kesempurnaan hanya milik Tuhan. Jadi, mulai dari sekarang Anda bisa mengganti kata “ingin tampil sempurna” dengan “memberikan penampilan yang terbaik”, yang maksudnya adalah berusaha menampilkan Publik Speaking dengan sebaik mungkin sebagus mungkin menurut versi diri kita sesuai dengan latihan-latihan yang sudah kita lakukan.

2. Malu jika di tonton teman dekat       

Anda pernah mengalami hal seperti ini? Sebelum naik ke atas panggung merasa sangat percaya diri. Akan tetapi ketika Anda mendapat informasi bahwa ada teman dekat SD Anda yang menonton. Seketika itu juga Anda hilang fokus, panik dan khawatir saat Anda tampil, teman SD Anda tadi memecah fokus Anda. Hal tersebut adalah mindset yang dapat menganggu kepercayaan diri Anda ketika tampil Publik Speaking. Sebaiknya yang harus Anda lakukan adalah mengubah mindset tersebut. Justru, ketika teman SD Anda menonton Anda Publik Speaking, itulah saat yang tepat bagi Anda untuk membuktikan bahwa Anda hebat dalam Publik Speaking.

3. Takut tidak menguasai materi

Ketakutan memang mindset yang paling membunuh ketika Publik Speaking. Bahkan Jerry Seinfeld; seorang pelawak tunggal kenamaan asal Amerika pernah berkata dalam pertunjukkannya: "Berdasarkan beberapa penelitian, ketakutan terbesar pertama bagi banyak orang adalah Public Speaking. Sedangkan ketakutan yang kedua adalah kematian. Apa ini terdengar wajar? Ini artinya, bagi sebagian orang, lebih baik ada di dalam peti mati daripada harus memberikan pidato kematian dalam sebuah pemakaman".


Ketakutan yang sering di rasakan banyak orang biasanya adalah takut tidak menguasai materi. Jika hal demikian terjadi pada Anda, yang perlu Anda lakukan sebenarnya sangatlah sederhana: “sampaikan yang Anda kuasai saja’. Kan tidak mungkin dong dari banyak materi yang Anda pelajari dan siapkan, Anda tidak menguasai semuanya. Anda hanya harus fokus pada apa yang Anda kuasai lalu sampaikan dengan percaya diri.

4. Merasa grogi atau gugup

Sumber : hellosehat.com
Menurut Gene Moyle, ahli psikologi dan mantan penari balet profesional, cara terbaik untuk mengatasi rasa gugup saat akan tampil adalah dengan memahami rasa gugup tersebut. Sehingga grogi atau gugup yang hadir pada diri kita sebelum tampil Publik Speaking bukan untuk di hilangkan, akan tetapi di kenali.

Baca Juga Artikel Psikologi lainnya : KLIK DI SINI

Di satu sisi grogi atau gugup kita butuhkan agar kita tetap waspada dan tidak over confidance, akan tetapi dengan porsi yang wajar. Rasa waspada akan membantu kita agar tetap berhati-hati dalam menjaga ingatan tentang materi yang sudah di pelajari.

Tidak ada komentar:
Write komentar