Rabu, 14 Februari 2018

TIPS MENGELOLA MOOD ANDA

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, pernah ngga Anda mengalami hal-hal seperti ini? Karena pagi-pagi sudah kena marah Ibu atau isteri di rumah membuat perasaan Anda hari itu tidak baik atau mood Anda jelek seharian, sehingga tugas-tugas yang harusnya di selesaikan hari itu menjadi tertunda, karena tidak mood sama sekali untuk mengerjakannya.

Sumber foto : mychicagotherapist.com
Atau gini; ketika Anda sedang bercanda dengan teman Anda. Lagi asik asiknya bercanda eh ada kalimat dari mulut teman Anda yang itu menyinggung perasaan Anda, sakitnya tuh di sini (nunjuk dada) Hehe. Di situ mood Anda tiba-tiba berubah drastis, menjadi menghindari teman Anda, atau bahkan Anda membenci dia. Padahal Anda bersama teman Anda kan sama-sama tau bahwa pada saat itu konteksnya adalah bercanda.


Atau contoh lain seperti ini; suatu ketika perasaan Anda baik-baik saja, akan tetapi ketika Anda melihat orang yang Anda benci melintas berjalan di hadapan Anda, saat itu juga, secara mendadak, mood Anda langsung berubah secara drastis, menjadi badmood dan rasanya itu pengen menghindar jauh-jauh dari dia. Dari beberapa kejadian tersebut, bagaimana perasaan teman-teman? Menyesal? Kecewa? Atau marah kepada diri sendiri? Kenapa sih mood ku mudah banget untuk berubah-ubah ya? Kenapa sih aku mudah banget di kontrol sama si kampret mood jelek ini ya?


Jadi gini teman-teman, dalam dunia NLP (Neuro Lingustic Programming) mood itu sendiri ada kajiannya, namun istilahnya saja yang berbeda, biasa kita sebut dengan “state’”. State sendiri di pengaruhi oleh kondisi fisik dan mental seseorang. Itu kenapa kadang jika fisik kita sakit, kita sulit untuk berpikir fokus atau mengakses kondisi mental tertentu (senang, bahagia dll), bawaanya pengen istirahat dan tidur saja seharian. Istilahnya mind and body is one system, jika salah satu terganggu maka bagian yang lain juga akan terganggu

Nah uniknya, dalam NLP, kita di ajari untuk bisa mengontrol mood. Bagaimana caranya? akan saya sharing di sini caranya ya.

Sumber foto : 1button.co
Sederhananya dan biar mudah di ingat, RUMUSNYA 4A teman-teman; ACCESS, AMPLIFY, ANCHOR dan APPLY.


Kali ini saya akan sharing tips mengelola mood dengan cara ACCESS. Biar lebih mantep, saya kasih contoh nih, misalnya Anda ingin mengakses mood semangat ketika mood Anda sedang jelek, jadi yang awalnya bad mood mau ngapa-ngapain, bisa di ubah menjadi lebih bersemangat. Caranya bagaimana? Gini, sebelumnya, Anda harus menentukan dan memilih dulu kira-kira di masa lalu, adakah suatu pengalaman yang membuat Anda sangat bersemangat? Ketika sehabis minum kopi untuk bergadang mengerjakan tugas, ketika mengerjakan tugas kantor yang sudah dekat dengan deadline atau pengalaman apapun itu yang membuat Anda sangat bersemangat. Sudah di pilih? Nah jika sudah, silahkan Anda menutup mata. Cukup rilekskan tubuh dan pikiran Anda. Tarik napas yang dalam lewat hidung, keluarkan lewat mulut. Sekarang tugas Anda cukup sederhana, silahkan akses semua memori dan perasaan Anda ketika bersemangat di masa lalu Anda itu. Akses semua hal yang Anda bisa. Beri warna dan cahaya yang jelas. Semangat yang seperti apa persisnya? Apa yang Anda lihat saat itu? Apa suara yang anda dengar saat itu? Kemudian perasaan seperti apa yang Anda rasakan saat itu? Timbulkan semua imajinasi dan bayangan mengenai kejadian ketika Anda bersemangat saat itu.


Kemudian perkuat perasaan bersemangatnya. Jika sudah sampai pada puncaknya, Anda boleh membuka mata, jika Anda tadi berhasil fokus dan konsentrasi sepenuhnya, maka it’s work, mood Anda sudah berubah menjadi lebih baik. Tidak percaya? Silahkan Anda coba rasakan sendiri perasaan yang berubah lebih baik dari sebelumnya; lebih nyaman, lebih tenang. lebih bersemangat. Betul kan? Betul atau betul banget?

Tidak ada komentar:
Write komentar