Jumat, 23 Juni 2017

Yuk mari sapa dan berkenalan dengan Id, Ego dan Super Ego Anda

Tahukah anda bahwa di dalam diri setiap manusia pasti memiliki Id, Ego dan Super Ego. Namun sebelum melangkah lebih jauh. Taukah anda apa itu Id, Ego dan Super Ego? Mari kita kenali satu per satu.

Berawal dari ilmuwan Psikologi bernama Sigmund Freud yang konsisten bergulat di dunia psikis manusia dan memberikan penjelasan yang lugas mengenai 3 struktur jiwa manusia yakni Id, Ego dan Super Ego atau yang terdapat pada aliran psikoanalisis.

Id atau Internal Drive terletak dalam ketidaksadaran. Ia merupakan tempat dari dorongan-dorongan primitif, yaitu dorongan-dorongan yang belum dibentuk atau dipengaruhi oleh kebudayaan yaitu dorongan untuk hidup dan mempertahankan kehidupan (life instinct) dan dorongan untuk mati (death instinct). Bentuk dari dorongan hidup adalah nafsu, seksual atau bisa disebut juga libido, dan bentuk dari dorongan mati adalah agresi, yaitu dorongan yang menyebabkan ingin menyerang orang lain, berkelahi, berperang atau marah. Prinsip yang dianut oleh id adalah prinsip kesenangan (pleasure principle), yaitu bahwa tujuan dari id adalah memuaskan semua dorongan primitif ini. Untuk lebih memahami apa itu id adalah ketika seorang bayi sedang lapar atau haus, ia akan menangis sampai tuntutan id terpenuhi, yakni sampai bayi tersebut mendapatkan makan atau minum.


Ego adalah sistem tempat kedua dorongan dari id dan superego beradu kekuatan. Fungsi ego adalah menjaga keseimbangan antara kedua sistem yang lainnya, sehingga tidak terlalu banyak dorongan dari id yang dimunculkan ke kesadaran sebaliknya tidak semua dorongan superego saja yang dipenuhi. Ego adalah eksekutif (pelaksana) dari kepribadian, yang memiliki dua tugas utama yakni memilih stimuli mana yang hendak direspon dan atau insting mana yang akan dipuaskan sesuai dengan prioritas kebutuhan.


Ego sendiri tidak mempunyai dorongan atau energi. Ia hanya menjalankan prinsip kenyataan (reality principle), yaitu menyesuaikan dorongan-dorongan id atau superego dengan kenyataan di dunia luar. Ego adalah satu-satunya sistem yang langsung berhubungan dengan dunia luar, karena itu ia dapat mempertimbangkan faktor kenyataan ini. Ego yang lemah tidak dapat menjaga keseimbangan antara superego dan id. Kalau ego terlalu dikuasai oleh dorongan-dorongan dari id saja maka orang itu akan menjadi psikopat (tidak memperhatikan norma-norma dalam segala tindakannya). Sebaliknya, jika seseorang terlalu dikuasai oleh superego, maka orang tersebut akan menjadi Psikoneurose (tidak dapat menyalurkan sebagian besar dorongan-dorongan primitifnya).

Superego adalah suatu sistem yang merupakan kebalikan dari id. Sistem ini sepenuhnya dibentuk oleh kebudayaan. Segala norma-norma yang diperoleh melalui pendidikan itu menjadi pengisi dari sistem superego sehingga superego berisi dorongan-dorongan untuk berbuat kebajikan, dorongan untuk mengikuti norma-norma masyarakat dan sebagainya. Dorongan-dorongan atau energi yang berasal dari superego ini akan berusaha menekan dorongan yang timbul dari id, karena dorongan dari id yang masih primitif ini tidak sesuai atau tidak bisa diterima oleh superego. Di sinilah terjadi tekan menekan antara dorongan-dorongan yang berasal dari id dan superego


Nah sekarang kalian sudah bisa mengenali Id, Ego dan Super Ego kalian masing-masing kan? Sekarang saatnya untuk mengontrol ketiganya ya. Agar hidup kita bisa damai dan terhindar dari kesenangan-kesenangan yang sifatnya hanya sementara dan tidak membawa kita kepada kesuksesan. Yuk kontrol Id, Ego dan Super Ego kita menjadi lebih stabil.

Referensi :
Ekarini, S. (2011). Pergeseran Citra Pribadi Perempuan Dalam Sastra Indonesia: Analisis Psikoanalisis Terhadap Karya Sastra Indonesia Mulai Angkatan Sebelum Perang Hingga Mutakhir. Jurnal Artikulasi (12), 2

http://belajarpsikologi.com/struktur-kepribadian-id-ego-dan-superego-sigmund-freud/

2 komentar:
Write komentar
  1. Yg pada intinya ego ITU bersumber pada apa bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersumber pada hasrat atau nafsu kita bro, utk mencari kesenangan, fun dan rasa nyaman.

      Hapus