Wednesday, 30 March 2016

[Lomba Blogger ULF 2016] SUDAHKAN ANDA MEMBACA HARI INI?

Beberapa hari yang lalu, ketika saya iseng googling mencari info-info lomba di bulan maret 2016. Saya menemukan informasi lomba yang menarik di link ini website ini >>> http://library.unsyiah.ac.id/  .Lomba menulis blog dengan tema “Knowledge is free at  Unsyiah library” yang di adakan oleh UPT. Perpustakaan Syiah Kuala. Setelah saya searching sedikit mengenai Perpustakaan Unsyiah tersebut, akhirnya saya tertarik untuk mengikuti lomba tersebut karena menurut saya Perpustakaan Unsyiah memiliki banyak keunggulan dari berbagai aspek yang perlu kita contoh. Sehingga harapan saya, masyarakat Indonesia yang membaca tulisan saya ini khususnya para pustakawan Indonesia akan terinspirasi dan termotivasi untuk ikut berkembang.
Nah kawan-kawan sebelum kita bahas lebih jauh mengenai Perpustakaan Unsyiah. Mari kita ketahui dulu beberapa dasar akreditasi perpustakaan yang ada di Indonesia, yakni sebagai berikut :
1. Pasal 18 UU No. 43 tahun 2007 : Setiap perpustakaan dikelola sesuai dengan standar nasional perpustakaan
2. Pasal 23 ayat (1) UU No. 43 tahun 2007: Setiap sekolah/madrasah menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan.
3. Pasal 24 ayat (1) UU No. 43 tahun 2007: Setiap perguruan tinggi menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan.
4. Pasal 27 ayat (1) UU No. 43 tahun 2007: Perpustakaan khusus diselenggarakan sesuai dengan standar nasional perpustakaan.
Jadi, dalam menentukan akreditasi suatu perpustakaan di Indonesia, baik di tingkat sekolah, perguruan tinggi ataupun daerah harus di dasari dengan undang-undang yang sudah tertera jelas di atas. Termasuk penentuan akreditasi Perpustakaan Unsyiah, tentunya tidak mudah bagi Perpustakaan Unsyiah untuk melakukan proses perkembangan, butuh waktu bertahun-tahun hingga sekarang Perpustakaan Unsyiah mendapatkan predikat A dengan berbagai macam sarana, prasarana dan fasilitas unggulan.  Perpustakaan Unsyiah sendiri merupakan salah satu dari 40 Perpustakaan Nasional yang telah menjalin kerja sama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang mengintegrasikan katalog yang dimiliki ke Katalog Nasional. Akhir tahun 2014 yang lalu, lebih tepatnya pada tanggal 10 November 2014 Unsyiah telah menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) secara resmi dengan Perpustakaan Nasional RI. Kegiatan kolaborasi antara Perpustakaan Unsyiah dan Perpusnas RI pun sering dilakukan antara lain Workshop Penggunaan E-Resource Perpusnas, Pameran Koleksi Langka dan Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia ke 7 di Banda Aceh pada bulan November 2014 yang lalu. Bukan hanya dengan Perpusnas, kerjasama dengan pihak lain seperti penerbit Springer, IEEE dan ScienceDirect (Elsevier) juga sudah terjalin dengan sangat baik. Kemudian pada bulan februari 2016 yang lalu, Perpustakaan Unsyiah baru saja kedatangan 3 orang dosen dari Politeknik Negeri Medan yang melakukan studi banding.
Nah. Sekarang agar lebih sistematis saya ingin mengajak kawan-kawan pembaca untuk melihat Perpustakaan Unsyiah berdasarkan 8 indikator akreditasi perpustakaan Indonesia. Mari kita bahas satu per satu.
1. Layanan Perpustakaan
Dalam hal layanan, rasanya tidak perlu diragukan lagi. Perpustakaan Unsyiah memiliki strategi pelayanan yang patut dijadikan barometer bagi pustakawan-pustakawan yang ada di Indonesia. Penasaran bagaimana strategi pelayanannya? Langsung saja lihat video berikut ini
Yang terunik dari layanan Perpustakaan Unsyiah adalah memiliki layanan publik portal aplikasi yang terdiri dari 12 aplikasi yang dapat diakses oleh mahasiswa secara gratis untuk memperoleh jurnal-jurnal ilmiah internasional, yakni terdiri dari Online Public Access Catalog (OPAC), Electronik Theses and Dissertations ( http://etd.unsyiah.ac.id/ ), Open Educational Resource (OER), e-journal ( http://jurnal.unsyiah.ac.id/ ), e-reference, e-Repository, Unsyiah Union Catalog (UUC), Springerlink, ebrary, ProQuest, EBSCO HOST, dan INFOTRAC. Penasaran bagaimana cara mengakses 12 aplikasi tersebut? Langsung saja buka link berikut >>> http://uilis.unsyiah.ac.id/ 
12 Aplikasi Gratis Perpustakaan Unsyiah
2. Sumber Daya Manusia
Seperti yang sudah di bahas di atas, Perpustakaan Unsyiah memiliki kerjasama yang hangat dengan Perpusnas RI, oleh karena itu tidak jarang pustakawan yang bekerja di Perpustakaan Unsyiah di beri kesempatan untuk mengembangkan kualitasnya. Misalnya pada tanggal 9 maret 2015, 2 orang staff Perpustakaan Unsyiah di berangkatkan untuk mengikuti Diklat Calon Pustakawan Tingkat Ahli (CPTA) selama 3 bulan dan Pengelolaan Teknis Perpustakaan selama 10 hari. Selain itu, 1 orang pustakawan lainnya mendapat panggilan dari Perpusnas RI untuk mengikuti Diklat Training of Trainer (TOT) Perpustakaan pada tanggal 30 Maret 2015 yang lalu.
Berbagai macam cara dilakukan Perpustakaan Unsyiah untuk selalu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang bekerja di perpustakaan. Selain aktif dalam kegiatan pelatihan, Perpustakaan Unsyiah juga membuat program yang dapat mendorong pustakawannya agar memiliki semangat kerja yang tinggi, yakni mengadakan pemilihan pustakawan terbaik. Sebagai contoh, periode bulan November-Desember 2015 yang lalu, terpilih 3 pustakawan terbaik atas nama Isa (Petugas check in), Mariana (Pustakawan Pelayanan serial) dan Saiful Bahri (Staf IT). Ketiga pustakwan tersebut juga akan dipublikasikan pada majalah Librisyiana Edisi Januari 2016 sebagai bentuk penghargaan yang diberikan.
Pustakawan Terbaik Perpustakaan Unsyiah Periode November-Desember 2015
3. Koleksi Perpustakaan
Jumlah koleksi yang ada di Perpustakaan Unsyiah sebanyak 75.114 judul atau 136.925 eksemplar yang terdiri dari  berbagai jenis seperti buku teks, terbitan berkala (jurnal), laporan akhir, skripsi, tesis, disertasi, majalah, buku referensi, laporan penelitian, CD-ROM dan dokumentasi. Koleksi yang ada tidak hanya terbatas pada buku cetak saja, namun Perpustakaan Unsyiah juga telah berlangganan dengan e-book dan e-journal dari penerbit internasional. Seiring dengan meningkatnya jumlah pengunjung, penambahan koleksi buku selalu di upayakan Dr.Taufiq Abdul Gani bersama dengan Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal.
Langganan e-book dan e-jurnal
4. Sarana dan Prasarana
Banyak sekali sarana dan prasarana yang di tawarkan di perpustakaan unsyiah. Seperti tersedianya layanan mandiri (RFID). Untuk lebih jelasnya bagaimana layanan mandiri itu? Silahkan tonton video berikut :
Sarana dan prasaran lainnya adalah tersedianya Hotspot gratis, layanan VPN atau layanan jurnal elektronik yang dapat diakses oleh civitas akademika dari luar kampus, pustaka TV sebagai sarana promosi kemudian dilengkapi dengan sarana penunjang seperti Study carrel, AC, Lift, Locker, kantin, ruang shalat, foto kopi dan tempat parkir
5. Gedung dan Ruang Perpustakaan
Lokasi gedung Perpustakaan Unsyiah sangat strategis, memiliki gedung yang luas berwarana putih dan berlantai 3.
Tampak Luar Perpustakaan Unsyiah
Ruang Baca Perpustakaan Unsyiah
6. Anggaran Dana
Prinsip penataan keuangan yang digunakan di Perpustakaan Unsyiah adalah prinsip akuntabilitas dan keterbukaan, merupakan salah satu dari kebijakan mutu Perpustakaan Unsyiah yang berstandar ISO 9001/2008. Total anggaran dana yang diterima oleh perpustakaan unsyiah dari awal tahun 2015 sampai dengan tanggal 29 Oktober adalah sebesar kurang lebih Rp 1.205.656.939, dengan rincian :
1. Rp. 234.176.366 dari sisa penerimaaan tahun 2014
2. Rp 918.949.573,- dari 1% total SPP/UKTB mahasiswa semester genap 2014/205 dan semester ganjil 2015/2016.
3. Rp. 52.529.000,- dari dana mahasiswa baru dan denda keterlambatan buku.
Uang sebesar Rp 1.205.656.939 tersebut di gunakan untuk Dana PAGU PNBP 2015 Perpustakaan. Selain itu, perpustakaan unsyiah juga mendapatkan dana lain dari BOPT sebesar Rp. 293.464.000. Dana tersebut di gunakan untuk persiapan Sertifikasi ISO 9001:2008, Audit Internal, Pelayanan Prima, dan Pengelolaan Lokal Konten Unsyiah. Kemudian sumber dana lain adalah menerima subsidi dari Dana Rektorat yang digunakan untuk Langganan e-Journal, Rehab Reading Lounge, Mushalla, dan Lesehan, Peralatan Sederhana (Server, Laptop, Camera, LCD Proyektor), Belanja Bahan Persiapan Akreditasi Unsyiah dan Sertifikasi ISO. Tidak berhenti di situ, tahun 2016 ini, perpustakaan mengharapkan adanya sumber pendapatan dari Iklan yang dipasang di ETD yaitu portal skripsi online.
Pemasukan serta pengelolaan dana dari Perpustakaan Unsyiah tersebut di lakukan dengan sangat transparan dan semua mahasiswa  dapat mengakses data kemana saja uang tersebut di gunakan. Tidak percaya? Kalian bisa buka link ini >>> (klik di sini) . Memang mantap perpustakaan unsyiah. Sangat terbuka mengenai dana.
7. Pengolahan Bahan Perpustakaan
Dalam hal pengelolaan bahan, Perpustakaan Unsyiah senantiasa berupaya untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan pengolahan bahan perpustakaan. Sebagai contoh pelatihan yang diberikan kepada 25 orang pustakawan (25/10/15) yang umumnya merupakan staf bagian pengolahan buku. Dua puluh lima orang tersebut di berikan materi tentang analisis subjek, yakni proses dalam menentukan subjek dalam sebuah buku yang ada di perpustakaan. Proses analisis subjek terhadap buku berfungsi agar tidak terjadi kesalahan dalam mengklasifikasi dan mengelompokkan buku ke dalam berbagai kajian ilmu yang sesuai dengan isi buku. Selain buku, terdapat juga berbagai karya ilmiah, seperti skripsi, tesis, dan jurnal yang menjadi contoh pembahasan dalam pelatihan.
8. Organisasi dan Program Perpustakaan
Secara umum struktur organisasi perpustakaan unsyiah adalah sebagai berikut :
Struktur Organisasi Perpustakaan Unsyiah
Kemudian berbicara mengenai program-program yang biasanya dihadirkan oleh perpustakaan unsyiah, memang tidak pernah kehabisan kreatifitas. Berikut beberapa program yang diadakan oleh perpustakaan unsyiah :
a. Relax and Easy, yakni program mingguan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Unsyiah bekerja sama dengan BEM Unsyiah. Program dengan durasi 30 menit ini, menampilkan pertunjukan seni dari berbagai kalangan di lingkungan Unsyiah. Relax and Easy berlansung setiap minggu pada hari Rabu siang. Acara ini terbuka untuk umum, di mana semua dosen dan mahasiswa dapat berpartisipasi di dalamnya, baik itu sebagai bintang tamu maupun penonton.
b. Program pemberian penghargaan kepada mahasiswa dan dosen terbaik Universitas Syiah Kuala. Masing-masing kategori penghargaan tersebut didapat berdasarkan data peminjaman buku terbanyak untuk kalangan mahasiswa, dan partisipasi aktif dalam program Literasi Informasi untuk kalangan dosen.
c. Kemudian yang paling menarik adalah Unsyiah Library Fiesta, merupakan acara unggulan dari Perpustakaan Unsyiah. Tahun ini, Unsyiah Library Fiesta akan di adakan pada tanggal 7-9 April 2016 mendatang, dengan berbagai macam rangkaian kegiatan, seperti : lomba dari tingkat TK, SD, SMA dan Mahasiswa, pemilihan duta baca mahasiswa universitas Syiah Kuala, ada juga puluhan stan expo pendidikan dan kreatif, seminar serta di tutup dengan Gala Cultural Night dengan bintang tamu Cak Lontong serta para stand up comedian lokal lainnya. Bagi kalian yang membaca tulisan ini, berdomisili di Aceh dan kebetulan ingin menonton secara langsung parade stand up Comedy tersebut. Kalian bisa mendapatkan tiketnya di lantai I Perpustakaan Unsyiah dengan harga Rp. 65.000 (bangku VIP) dan RP. 40.000 (bangku tribun khusus mahasiswa). Atau kalian juga bisa langsung menghubungi pihak panitia ke contact person (082165068844).
Nah. Kebetulan saya sendiri terlibat untuk ikut berpartisipasi dalam lomba blog yang di adakan oleh Perpustakaan Unsyiah dalam rangkaian kegiatan Unsyiah Library Fiesta 2016
Semoga apa yang saya tulis di sini dapat bermanfaat dan menginspirasi kawan-kawan pembaca. Serta saya ucapkan terima kasih kepada perpustakaan dan beragam pustaka Unsyiah . Dengan adanya lomba tersebut dapat membuka wawasan saya mengenai ilmu keperpustakaan dan pentingnya totalitas dalam mengembangkan sebuah lembaga, institusi ataupun organisasi.




REFERENSI
Dokumen Rencana Strategis 2015-2018, UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh 2014





1 comment:
Write komentar
  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete