Saturday, 14 December 2013

Jadwal Penguatan (Reinforcement Schedule)



Terdapat empat jadwal pemberian penguatan positif, antara lain:
1.Fixed Ratio (Jadwal rasio tetap)  merupakan penguatan positif yang diberikan untuk memperkuat prilaku setelah sejumlah  respon.
Sebagai contoh,hal ini sering digunakan dalam dunia bisnis , dimana dalam perusahaan, setiap karyawan akan diberikan penguatan positif berupa bonus apabila karyawan tersebut melakukan empat kali kinerja yang sangat baik, tetapi bukan sesudah setiap kali melakukan kinerja baik. Contoh lain dalam video game misalnya mencapai tingkat baru dalam RPG. Beberapa RPG dengan jelas menunjukkan berapa banyak pengalaman yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat berikutnya. Sebuah tingkat kepastian yang tinggi untuk tingkat pekerjaan yang akan diperlukan untuk mencapai tingkat berikutnya menempatkan pemain pada jadwal rasio tetap.

2.Variable Ratio (Jadwal rasio bervariasi) merupakan penguatan positif yang diberikan setelah respon  muncul beberapa kali, tetapi dalam basis yang tidak tetap dan tidak dapat diprediksi.
Misalnya, seorang guru memuji respon murid-muridnya, pujian guru rata-rata diberikan setelah respon ke lima, tetapi selanjutnya bisa berubah yaitu pada respon ke dua, pada respon ke delapan, pada repon ke tujuh, pada respon yang ke tiga, dan pada respon yang lainnya yang tidak dapat ditentukan. Contoh lain dalam bidang penjualan bonus seperti Call Center yang sering menawarkan bonus acak untuk karyawan. Pekerja tidak pernah tau berapa banyak panggilan mereka butuhkan untuk membuat dalam rangka untuk menerima bonus, tetapi mereka tau bahwa mereka meningkatkan kesempatan mereka lebih panggilan atau penjualan yang mereka buat.

3.Fixed Interval (Jadwal interval tetap) dimana objek menyadari waktu kapan ia akan menerima penguat positif sehingga selama jangka waktu dia tidak menerima penguat positif, respon objek akan berkurang  kemudian  akan meningkat  lagi ketika mendekati waktu mendapat penguat positif. Jadwal ini menyebabkan jumlah tinggi menanggapi dekat akhir interval, tetapi jauh lebih lambat merespon segera setelah pengiriman penguat tersebut.
Sebagai contoh, seorang pelajar yang mendapatkan bingkisan hadiah dan piagam penghargaan dari wali kelasnya karena memperoleh ranking satu di semester pertama akan bersemangat belajar saat awal memulai pelajaran baru dalam semester kedua, tetapi semangat tersebut akan berangsur-angsur turun selama pertengahan  semester dan akan kembali meningkat saat mendekati ujian semester kedua (dikarenakan dia tahu bahwa dia akan mendapat penguat positif berupa hadiah dan piagam kembali jika memperoleh nilai bagus). Contoh lain yaitu dalam pengaturan Lab : Bayangkan bahwa anda sedang melatih tikus untuk menekan tuas, tapi anda hanya memperkuat respon pertama setelah interval 10 menit. Si tikus tidak menekan bar banyak selama 5 menit pertama setelah penguatan, tapi mulai menekan tuas lebih banyak dan lebih sering anda semakin dekat dengan tanda 10 menit. Hal ini akan berbeda jika jadwal pemberian tugas itu bersifat tetap, misalnya hanya pada setiap hari Jumat, maka para murid tersebut hanya akan bersiap ketika mendekati hari jumat dan pada hari lainnya mereka tidak akan bekerja keras sehingga akan timbul pola bersiap-berhenti

4.Variable Interval (Jadwal interval bervariasi) dimana suatu respon diperkuat setelah sejumlah variasi waktu berlalu. Jadwal penguatan dimana respo yang dihargai setelah jumlah tak terduga dari waktu telah berlalu. Jadwal ini menghasilkan lambat, tingkat stabil respon.
Sebagai contoh, seorang guru memuji keaktifan para muridnya pada menit ke tiga, kemudian memuji setelah menit ke lima, setelah delapan menit berlalu, setelah lima belas menit berlalu, dan seterusnya. Guru tersebut juga akan memberi tugas pada interval yang berbeda-beda. Pada dasarnya, jadwal interval bervariasi akan menjadi penguat yang lebih baik dibandingkan  jadwal interval tetap. Sebagai contoh, jika seorang guru memberikan tugas dalam waktu yang tidak dapat ditentukan, murid-murid akan lebih bersiap dan lebih bekerja keras setiap waktu. Contoh lain ketika memerikasa email anda: biasanya, anda memertiksa email anda pada waktu yang acak sepanjang hari bukannya memeriksa setiap kali satu pesan yang disampaikan.

No comments:
Write komentar